Rabu, 04 November 2020

Jaringan Komputer(Yang Lagi Anda Gunakan Saat Membaca Artikel Ini)

 JARINGAN KOMPUTER


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ,jumpa lagi dengan saya sang pemiliki blog ini,saya harap antum antum sekalian dalam kondisi sehat wal alfiat baik itu rohani,jasmani maupun kesehatan dompet.nah setelah kita melakukan opening barusan mimin di sini akan membahas materi selanjut nya yaitu tentang Jaringan Komputer(yang sedang kalian gunakan saat membaca blog ini klo device anda komputer).Nah tanpa basa-basi lagi langsung saja kita gazzkeun cekidot.

Apa itu Jaringan Komputer???

Nah sebelum kita lebih lanjut memahami tentang Jaringan Komputer lebih dalam marilah kita terlebih dahulu mengetahui apa itu Jaringan Komputer(karena perlu basic dulu sebelum intinya).Yang di maksud dengan Jaringan Komputer adalah sebuah jaringan telekomunikasi yang menghubungkan antar komputer satu dengan lainnya untuk saling berkomunikasi atau bertukar data.

untuk menghubungkan jaringan komputer,di perlukan sebuah switch dan router dengan menggunakan berbagai protokol dan algoritma untuk bertukar informasi dan untuk  saling berbagi informasi dan berbagi sebuah data.

Macam-Macam Jaringan Komputer

LAN (Local Area Network)

Lan atau biasa di sebut Local Area Network adalah sebuah perangkat jaringan yang berada di jarak yang relatif pendek.dan biasanya berada di sebuah gedung,kantor,rumah,dan sekolah.

MAN (Metropolitan Area Network)

Man(bukan sekolah) adalah sebuah jaringan komputer yang terhubungkan ke dua atau lebih jaringan LAN di sebuah kota.Jenis Jaringan ini biasa nya lebih gedhe dari Local Area Network tetapi jaringan ini lebih dari jaringan WAN.

WAN (Wide Area Network)

Wan atau biasa disebut dengan Wide Area Network adalah kumpulan sebuah LAN yang tersebar secara luas di geografis.Wan berbeda dari jenis jaringan LAN dan MAN.WAN cenderung menggunakan teknologi seperti ATM,X.25 dan Frame Relay untuk membuat konektivitas yang lebih jauh.

PAN/Pearson Area Network (bukan partai)

Pan adalah sebuah jenis jaringan komputer yang mirip dengan LAN dan mencakup wilayah yang lebih kecil misalnya jaringan rumah atau kantor.

CAN (Campus Area Network)

Mirip dengan Man,Can adalah sebuah jaringan yang terbatas pada universitas atau akademi.Jaringan ini biasa disiapkan untuk sebuah kegiatan pendidikan dan lain-lain.

TOPOLOGI JARINGAN PADA KOMPUTER

Di sebuah jaringan Komputer terdapat sebuah topologi,topologi adalah tata letak perangkat yang terhubung.Topologi Jaringan pada sebuah komputer bisa di sebut sebagai bentuk atau sebuah struktur yang ada pada sebuah jaringan.
Topologi dapat dikategorikan sebagai berikut :
-Topologi Mesh
-Topologi Bus
-Topologi Star
-Topologi Tree
-Topologi Ring

Mungkin cukup segitu saja yang mungkin saya dapat sampaikan mengenai tentang materi Topologi Jaringan pada komputer.Sekian Dan Terimakasih lebih dan kurang saya mohon maaf Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ saya mohon pamit dulu dan sampai jumpa di artikel selanjut nya :D,Bye All,ARRIVEDERCI.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar